Thursday, February 21, 2013

Beasiswa dalam Negeri Terbaru, Beasiswa SMA Sampoerna Academy Bogor – Putera Sampoerna Foundation

Beasiswa dalam Negeri Terbaru, Beasiswa SMA Sampoerna Academy Bogor – Putera Sampoerna Foundation


Program Bantuan Pendidikan Sampoerna Academy SMA Sampoerna (Sampoerna Academy), Kampus Bogor
Pendidikan Bertaraf Internasional Berasrama Tahun Akademis 2013/2016
Tentang SMA Sampoerna (Sampoerna Academy) Kampus Bogor, Journey Bersama Sampoerna Academy & Program Bantuan Pendidikan Sampoerna Academy
SMA Sampoerna AcademySMA Sampoerna (Sampoerna Academy), Kampus Bogordidirikan sebagai bentuk upaya Putera Sampoerna Foundation untuk dapat memenuhi kebutuhan Indonesia akan adanya pendidikan bertaraf internasional yang berkualitas dan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat di seluruh Indonesia.
Setelah lulus dari sekolah ini, diharapkan nantinya siswa dapat menjadi calon pemimpin masa depan Indonesia yang kompeten, berwawasan internasional dan bermoral, melalui program pendidikan holistik yang bertaraf internasional dan pendidikan asrama. Kombinasi antara kurikulum internasional dari Cambridge University (IGCSE) dan kurikulum nasional (KTSP), didukung oleh pendidikan asrama (boarding education) merupakan salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh sekolah ini. Siswa akan tinggal di asrama yang disediakan oleh sekolah, sehingga waktu yang tersedia dapat membuat siswa mempunyai nilai-nilai toleransi dan menghormati perbedaan, jiwa sosial yang tinggi terhadap lingkungan sekitar, tanggung jawab terhadap diri sendiri, nasionalis dan patriotik terhadap negara, berbudi luhur, berintegritas, berjiwa kepemimpinan yang baik, dan jujur.
Selain itu, siswa juga akan mendapatkan pelatihan-pelatihan yang akan berguna bagi siswa setelah mereka lulus dari sekolah ini, seperti life skills (kecakapan hidup), program kepemimpinan, program pelayanan masyarakat, pelatihan keuangan bagi siswa, dan lain-lain.

Siswa SMA Sampoerna (Sampoerna Academy), Kampus Bogor merupakan siswa terbaik yang dipilih dari seluruh wilayah Indonesia. Diharapkan para siswa dapat saling berinteraksi dengan latar belakang yang berbeda, sesuai dengan nilai-nilai yang tersebut di atas.
Adapun keunggulan lain dari sekolah ini adalah penggunaan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Ekonomi dan TIK/ICT. Kemampuan berbahasa Inggris akan sangat membantu setiap siswa dalam mengikuti proses pembelajaran mata pelajaran tersebut, tetapi bukan syarat mutlak untuk mendaftar.

Untuk menunjang pendidikan di sekolah serta asrama, terdapat sarana dan prasarana yang dapat dimanfaatkan oleh siswa di SMA Sampoerna (Sampoerna Academy), Kampus Bogor, yaitu:
  • Lingkungan sekolah yang nyaman, rindang dan asri
  • Ruang belajar yang dilengkapi dengan multimedia
  • Laboratorium Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Bahasa / Multilab
  • Pembelajaran di luar ruang (Outdoor Learning)
  • Ruang Multimedia
  • Ruang Perpustakaan
  • Ruang Kesenian
  • Musholla
  • Ruang Unit Kesehatan Sekolah
  • Lapangan basket, voli, dan futsal
  • Kantin, Koperasi Siswa, dan fotokopi
  • Green House, Kumbung Jamur
  • Asrama yang terdiri dari ruang tidur,ruang makan, jaringan internet.
Journey Bersama Sampoerna Academy
Sampoerna Academy menawarkan sistem jalur pendidikan yang terarah yang terangkum dalam program (3 + 2) yaitu program 3 tahun bersama Sampoerna Academy untuk menyelasaikan pendidikan setaraf SMA dan 2 tahun bersama USBI (Universitas Siswa Bangsa Internasional) untuk program pendidikan tinggi dengan kurikulum Amerika.
Dengan mendaftar di Sampoerna Academy, putra/i anda secara langsung terdaftar untuk Program berbahasa Ingrris dengan system transfer credit AIMS (American Indonesia Mobility Strategy) dari Lonestar College selama 2 tahun setelah menyelesaikan 3 tahun pendidikannya di Sampoerna Academy; dimana setelah program selesai akan mendapatkan Associate Degree dari Amerika yang diakui dan diterima di universitas terbaik di Amerika dengan biaya yang terjangkau bagi yang ingin melanjutkan ke Amerika.
Program Bantuan Pendidikan Sampoerna Academy
Program Bantuan Pendidikan Sampoerna Academy di SMA Sampoerna (Sampoerna Academy), Kampus Bogor, untuk tahun ajaran 2013/2016 adalah dukungan dari Putera Sampoerna Foundation bagi maksimal 180 orang siswa untuk masa studi selama 3 tahun. Pemilihan dilakukan berdasarkan kemampuan dan potensi siswa.
Bantuan pendidikan tersebut mencakup :
  1. Biaya pendidikan
  2. Biaya tempat tinggal dan makan di asrama
  3. Buku pelajaran
  4. Tunjangan kesehatan
  5. Seragam
Pengertian Bantuan Pendidikan di Sampoerna Academy
Bantuan Pendidikan adalah bantuan pembiayaan pendidikan untuk menempuh pendidikan setingkat SMA selama 3 tahun di Sampoerna Academy yang diberikan kepada siswa/i Indonesia yang berprestasi dengan latar belakang ekonomi menengah kebawah dimana mereka akan diminta untuk berkontribusi kembali kepada Negara melalui Koperasi Siswa Bangsa (KSB) ketika mereka sudah produktif dengan cara membantu membiayai satu siswa/i Sampoerna Academy untuk waktu dan ketentuan yang telah ditetapkan dan disetujui oleh siswa/i penerima bantuan pendidikan tersebut bersama KSB.
Program ini dimaksudkan untuk kelangsungan pembiayaan pendidikan untuk siswa/i Indonesia berprestasi dari latar belakang ekonomi menengah ke bawah sehingga mereka bisa mengeyam pendidikan berkualitas dan mendapatkan kesempatan untuk masa depan yang lebih baik.
Persyaratan Umum Pengajuan Program Bantuan Pendidikan
  • Warga Negara Indonesia usia 14 – 16 tahun
  • Syarat Akademis. Memiliki nilai akademik rata-rata minimum 8.0 dari semester 1 sampai dengan semester 5 (kelas 7 – 9)
  • Syarat Non-akademis: keikutsertaan dalam organisasi, kegiatan sosial dan/atau prestasi lainnya.
  • Berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi menengah kebawah
  • Mempunyai prestasi akademik atau non – akademik tingkat Propinsi (dibuktikan dengan foto copy sertifikat)
  • Bersedia menandatangani perjanjian kontribusi
Persyaratan Dokumen
  • Formulir aplikasi yang sudah diisi lengkap
  • Formulir referensi yang sudah diisi oleh Kepala Sekolah dan Guru
  • Pas Foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 2 buah
  • Fotokopi Rapor (lengkap) SMP dari semester 1 sampai dengan semester 5 (kelas 7 – 9)
  • Fotokopi Kartu Keluarga & KTP Orang Tua (Bapak & Ibu) / Wali
  • Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan setempat.(apabila ada)
  • Fotokopi rekening listrik atau bukti pembayaran sewa rumah tiga bulan terakhir atau Surat Keterangan Penghasilan (slip gaji)Fotokopi ijasah atau sertifikat kursus Bahasa Inggris, bukti keanggotaan suatu organisasi atau perkumpulan, penghargaan lain bisa dilampirkan (opsional)
Proses Pendaftaran Siswa
  1. Isi formulir aplikasi: “Formulir Aplikasi Siswa”.Formulir harus diisi dengan menggunakan tinta hitam dan dalam huruf cetak.
    • Bagian A & B diisi oleh Siswa. Pastikan semua bagian diisi dengan lengkap dan benar.
    • Bagian C diisi oleh Orang Tua atau Wali. Pastikan semua bagian diisi, seperti pekerjaan orang tua, alamat serta nomor telepon Orang Tua atau Wali yang dapat dihubungi.
    • Bagian D (Informasi Kesehatan) diisi oleh Siswa dengan diketahui dan ditandatangani oleh Orang Tua atau Wali.
    • Bagian E (Rekomendasi Kepala Sekolah) diisi secara terpisah oleh Kepala Sekolah dari sekolah yang bersangkutan. Bila lembaran yang tersedia tidak mencukupi, silahkan menambahkan di lembaran terpisah.
    • Bagian F (Rekomendasi Guru) diisi secara terpisah oleh Guru dari sekolah yang bersangkutan. Bila lembaran yang tersedia tidak mencukupi, silahkan menambahkan di lembaran terpisah.
    • Bagian G (Formulir Kondisi Ekonomi Siswa) diisi oleh Orang Tua atau Wali. Pastikan semua bagian diisi dengan dilengkapi dokumen penunjang.
    Isian dari Bagian E dan Bagian F tidak boleh diketahui oleh Siswa dan Orang Tua / Wali. Pengisian formulir yang tidak lengkap atau tidak jelas akan mengakibatkan Siswa dianggap gugur.
  2. Lampirkan hal-hal berikut ini:
    • Fotokopi Rapor (lengkap) SMP dari semester 1 sampai dengan semester 5 (kelas 7 – 9)
    • Fotokopi Kartu Keluarga dan Fotokopi KTP Orang Tua (Bapak & Ibu) / Wali
    • Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 2 buah
    • Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan setempat (apabila ada)
    • Fotokopi rekening listrik atau bukti pembayaran sewa rumah tiga bulan terakhiratau Surat Keterangan Penghasilan (slip gaji)
    • Fotokopi ijasah atau sertifikat kursus Bahasa Inggris, bukti keanggotaan suatu organisasi atau perkumpulan, penghargaan lain bisa dilampirkan (jika ada)
  3. Pastikan semua formulir aplikasi sudah ditandatangani di tempat yang disediakan.
  4. Masukkan formulir (Bagian A, B, C, D dan G) yang sudah diisi, formulir rekomendasi (Bagian E dan F) untuk dilengkapi oleh Kepala Sekolah dan Guru, beserta lampiran-lampirannya ke amplop besar (jangan dilipat) dan tuliskan dengan jelas nama Siswa, nama SMP dan alamat SMP di sudut kiri atas bagian depan amplop.
  5. Semua formulir diserahkan ke Kepala Sekolah yang akan menambahkan Bagian E (Rekomendasi Kepala Sekolah) dan Guru yang akan menambahkan Bagian F (Rekomendasi Guru) yang sudah dilengkapi untuk masing-masing Siswa.
  6. Semua formulir aplikasi (Bagian A s/d G) dan lampiran-lampirannya dikirimkan oleh Kepala Sekolah ke alamat berikut:
    Komite Seleksi Bantuan Pendidikan
    SMA Sampoerna (Sampoerna Academy), Kampus Bogor
    d/a Kinasih Resort
    Jl. Raya Sukabumi KM 17
    Caringin – Bogor 16730
  7. Selama masa penyeleksian, Siswa dan Orang Tua / Wali tidak diperkenankan untuk menghubungi Komite Seleksi Program Bantuan Pendidikan Sampoerna Academy maupun anggota-anggota tim penyeleksi secara langsung. Pelanggaran atas peraturan ini dapat mengakibatkan Siswa dinyatakan gugur. Bila Siswa mempunyai pertanyaan mengenai sekolah, program Bantuan Pendidikan dan lainnya bisa disampaikan ke Kepala Sekolah yang bersangkutan untuk diteruskan ke Komite Seleksi Bantuan Pendidikan Program Sampoerna Academy.
  8. Formulir harus diterima paling lambat tanggal 15 Maret 2013
  9. Komite Seleksi Bantuan Pendidikan Program Sampoerna Academy akan memberitahukan daftar pelajar yang sukses untuk mengikuti tahap penyeleksian berikutnya ke masing-masing Kepala Sekolah yang akan menghubungi Siswa yang bersangkutan.
Jadwal Seleksi
  1. Registrasi 15 Maret 2013 Batas waktu formulir aplikasi beserta semua dokumen pendukung diterima oleh Komite Seleksi Bantuan Pendidikan, tidak berdasarkan cap pos.
  2. Proses Seleksi
    1. Minggu IV Maret Pengumuman hasil proses seleksi dokumen
    2. Minggu I April Tes Tulis, Wawancara Panel & Diskusi
  3. Pengumuman Minggu IV April Pemberitahuan pemenang Bantuan Pendidikan
Download:
Keterangan Lebih Lanjut
Untuk keterangan lebih lanjut mengenai program Bantuan Pendidikan Sampoerna Academy di SMA Sampoerna (Sampoerna Academy), Kampus Bogor dan prosedur pendaftarannya, silakan kunjungi situs kami www.sampoernafoundation.org/sampoerna-academy/ atau di nomor telepon: 0251 8220607 (Senin s/d Sabtu, jam 9:00 s/d 17:00 WIB).

No comments:

Post a Comment

About This Blog

Lorem

Translate